saco-indonesia.com, Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) telah merayakan hari jadi tepat tanggal 3 Desember lalu. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun telah mengucapkan selamat ulang tahun untuk para pengawalnya ini.

Paspampres telah dibentuk untuk dapat menjalankan amanah UU yaitu menjamin keamanan dan keselamatan VVIP, yang oleh UU telah ditetapkan yaitu Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. Mereka juga bertugas untuk mengamankan tamu-tamu negara setingkat kepala negara dan kepala pemerintahan beserta keluarganya.

"Sehingga, bila sekali-kali kenyamanan masyarakat terganggu, semata-mata itu adalah dalam rangka untuk menjalankan tugas pokok sesuai dengan UU," tulis akun resmi Facebook Presiden SBY, Jumat (3/1).

Paspampres telah menjalankan tugas yang sebenarnya harus tegas, tidak kenal kompromi, ketat, dan tidak ada toleransi. Zero tolerance untuk gagal dan salah.

"Itu oleh masyarakat luas sering disalahmengertikan atau disalahpersepsikan sebagai arogan, terlalu keras, berlebihan, dan sebagainya. Padahal, seperti itulah ekspose, taktik dan teknik yang berlaku secara universal."

Presiden SBY juga menyadari bahwa tugas dan kewajiban unuk mengamankan Presiden dan Wapres bukanlah suatu pekerjaan mudah, namun penuh tantangan, dan telah diatur dengan prosedur tetap.

"Sering pula dalam perjalanan di Jakarta, kota-kota besar atau di daerah, Presiden SBY telah memerintahkan agar lalu lintas dibiarkan mengalir, tidak ditutup agar tidak merugikan masyarakat, tetapi menurut Paspampres, Polri dan personel pengaman lain, hal tersebut tidak dapat dilakukan demi pengamanan dan penyelamatan," kata SBY.


Editor : Dian Sukmawati

ALASAN PASPAMPRES SBY SUKA GALAK

Artikel lainnya »